SMKN 1 Kota Probolinggo Mengaku Siap Pertahankan Gelar Sekolah Unggulan dan Berwawasan Global

PROBOLINGGO | optimistv.co.id – Menyongsong bonus Demografi dan Era Globalisasi Dunia Pendidikan memberi dampak ganda yaitu disamping membuka kesempatan memperoleh pendidikan lebih tinggi dan lebih luas juga memperoleh kesempatan mendapatkan pekerjaan di semua bidang.

Mengantisipasi terbukanya persaingan yang semakin ketat dan tajam disegala bidang pekerjaan, SMKN I Kota Probolinggo telah mempersiapkan para siswanya dalam menghadapi tantangan tersebut, untuk itu SMKN 1 Probolinggo telah memperkuat daya saing dan unggulan kompetitif di semua sektor yang mengedepankan kualitas dan kemampuan para siswanya dengan penguasaan Sains, Teknologi dan Managemen.

SMKN 1 Probolinggo berusaha menyiapkan siswanya menjadi generasi yang Unggul, Tangguh dan Kompeten di bidangnya masing masing.

Menyelenggarakan kerja sama dengan beberapa perusahaan besar seperti JNE serta menggaet PT Nutrifood Indonesia, Maspion Indonesia, Alfamart yang ada di Probolinggo agar perusahaan tersebut dapat memberikan pengenalan dan pembelajaran management perusahaannya kepada siswa SMKN 1, bukan hanya produk yang dihasilkan oleh perusahaan itu saja tetapi mangemen marketing dibidang kewirausaha kepada siswa SMKN 1 Probolinggo
Seperti yang disampaikan Ibu Lidya Guru pembimbing Siswa SMKN 1 Probolinggo juga sebagai pengajar di bidang Kewirausahaan, sebagai bukan hanya sekedar mengajarkan bagaimana membuka usaha tetapi juga strategi marketing, tentang pruduksi serta serta melihat peluang usaha.

Baca Juga:  Kapolres Probolinggo Kota Ungkap Kasus Curanmor Dan Amankan Pelaku Serta Penadah

SMKN 1 ini juga menggandeng kerja sama dengan perusahaan dari luar sebagai kelas industri juga yang secara langsung di bimbing dan didampingi oleh perusaan untuk memberikan peluang kerja, dan peningkatan kompetensi guru dna siswa diantaranya PT Humasoft Malang, PT Nutrimas area Probolinggo, JNE perwakilan Probolinggo juga dengan Maspion yang kebetulan SMKN 1 Probolinggo sebagai Galeri pruduk dari Maspion salah satu Perusahaan besar itu juga memberikan pembekalan tentang Marketingnya kepada para siswa SMKN 1.

Setiap semester mereka mengadakan kompetisi antar SMK tingkat Jawa timur maupun Nasional dan SMKN 1 Probolinggo bisa meraih juara di tingkat provinsi, dan diharapkan siswa mampu mandiri setelah lulus dari sekolah ini dan mereka mampu bersaing untuk mendapatkan pekerjaan atau mendirikan usaha sendiri.

Ibu Lidya (Tengah), Guru Pembimbing SMKN 1 Kota Probolinggo dan Pembimbing dari JNE serta PT. Nutrimas

Sementara Kibeng perwakilan dari JNE indonesia di Probolinggo begitu bersemangat dalam memberikan pembekalan kepada siswa SMKN 1 Probolinggo, selaras dengan program yang ada di managemen JNE untuk memperkenalkan pruduk pruduk yang dipasarkan JNE ,dengan harapan para siswa usai menerima pembekalan tentang Marketing JNE ,siswa memiliki kompetensi dibidang marketing.

Baca Juga:  Kelurahan Jrebeng Kidul Raih Penghargaan Kelurahan Berseri 2021

Menjawab pertanyaan media Optimis TV kenapa JNE memilih SMKN 1 Probolinggo sebagai mitra kerja sama,

“Siswa SMKN 1 memiliki potensi penyerapan pengetahuan tentang marketing dan kewirausahaan lebih tinggi dari sekolah lain di probolinggo, serta diaharap JNE akan lebih mudah dalam perekrutan tenaga kerja dari SMKN 1 Probolinggo,” ujar Kibeng.

Hampir sama Dengan JNE, Retno Karera perwakilan dari PT. Nutrifood menyampaikan Siswa SMKN 1 Probolinggo memiliki keunggulan dalam bidang kewirausahaan serta managemen marketing dibanding sekolah lain di Probolinggo, dan PT Nutrifood menanamkan pemikiran kepada siswa bawasannya mendapatkan uang itu mudah selama kita mampu mengelola pengetahuan tentang marketing dalam bidang kewirausahaan jelasnya dan PT Nutrifood memberikan pembekalan kepada siswa dan sekaligus sebagai tempat praktek dan tempat kerja mereka.

Sementara itu dalam pandangan dari Media Optimis TV, SMK Negeri 1 Probolinggo merupakan Sekolah Menengah Kejuruan yang mengembangkan Sistem Inkubator Bisnis Sains dan Teknologi (IBEST) yang berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk memenuhi kebutuhan dan harapan Orang Tua Siswa.

Baca Juga:  Berjuta Prestasi di SMP Negeri 2 Gurah Kediri

SMK Negeri 1 Probolinggo merupakan Sekolah Adiwiyata yang telah mengembangkan Sistem Manajemen Lingkungan dan memiliki 5 Kompetensi Keahlian yaitu Otomatisasi Tata Kelola Perkantoran (OTKP), AKL, BDP, PKM, dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL). sehingga lulusannya mampu bersaing di pasar kerja dan sebagai salah satu SMK Pusat Keunggulan di bidang Hospitality tahun 2021 dan siap melanjutkan di tahun 2022 dengan Perahunya RPL dan GIM.

Reporter : Nanang

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *