Warga Desa Tinggar Buntut Gelar Tasyakuran, Kirim Doa untuk Kemakmuran

MOJOKERTO | optimistv.co.id – Tradisi Sedekah Bumi Ruah Deso yang merupakan warisan leluhur, hingga kini masih dipertahankan di beberapa Desa di wilayah Kabupaten Mojokerto. Seperti hal yang dilakukan oleh warga Desa Tinggar Buntut, Kecamatan Bangsal, Kabupaten Mojokerto, Jawa Timur ini yang melaksanakan Sedekah Desa, Minggu pagi (20/03/2022) di Balai Desa Tinggar Buntut.

Sementara itu Kepala Desa Tinggar Buntut Suji Andoko dalam sambutannya mengatakan bahwa Gelaran tradisi Sedekah Bumi atau Ruah Desa Tinggar Buntut ini merupakan tradisi turun temurun menjelang datangnya bulan Suci Ramadhan, Selain sebagai Uri – Uri budaya juga sebagai ajang silaturahmi untuk meningkatkan Persatuan dan Kesatuan Untuk Menuju Masyarakat Yang Adil dan Makmur,” ucap Kades Tinggar Buntut Suji Andoko.

Warga Desa Tinggar Buntut tasyakuran, kirim doa untuk kemakmuran

Lurah Suji Andoko juga menyampaikan, bahwa tradisi sedekah Bumi atau Ruah Desa ini merupakan tradisi masyarakat dan warisan leluhur yang perlu dilestarikan.

Baca Juga:  Menuju Indonesia Rukun Jelang Pilkada 2020, Polsek Lenteng Sambangi Warga Lembung Timur

“Sedekah Bumi merupakan salah satu wujud syukur atas semua nikmat yang telah dikaruniakan Allah SWT sekaligus memohon keselamatan dan kemakmuran warga Desa dalam aktivitas nya sehari hari.” lanjut Lurah Suji Andoko.

Sementara itu salah satu perangkat Desa Tinggar Buntut, Kholik mengatakan bahwa, Pada kegiatan Sedekah Bumi di Balai Desa Tinggar Buntut, ini Diwarnai Doa bersama untuk kemakmuran, dan Kesuburan Desa Tinggar Buntut, agar Desa Tinggar Buntut, Gemah Ripah loh jinawi, murah sandang murah pangan.

“Sedekah Bumi atau Ruah Desa ini bisa juga sebagai sarana Silaturahmi antar warga Tinggar Buntut dan sebagai bentuk ucapan rasa syukur kepada Allah SWT, karena selama ini selalu hidup berdampingan, guyup rukun, juga selalu tetap menjaga Protokol Kesehatan (Prokes Ketat) agar warga Tinggar Buntut terhindar dari penyakit, dan selalu diberikan Kesehatan,” ucap Kholik.
Reporter : Kartono / Ririn Fadlilah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *