Ketua Hebitren Bertekad Tingkatkan Bisnis Ekonomi Pesantren di Indonesia

JOMBANG, mediabrantas.id – Dewan Pimpinan Pusat Himpunan Ekonomi Bisnis Pesantren (Hebitren) Indonesia menunjuk KH Hasib Wahab Hasbullah untuk menjadi Ketua Hebitren Indonesia. Hal ini suatu yang luar biasa, putra Jombang beliau merupakan keturunan dari ulama besar, KH. Wahab Hasbullah. Penunjukan ini disampaikan langsung di kediaman di Dusun Tambakberas Desa Tambakrejo, Sabtu, 31 Desember 2022.

KH Hasib Wahab Hasbullah merupakan Ketua Majelis Pengasuh Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas, dan saat ini dipercaya untuk menjadi Ketua Hebitren Indonesia.

Menurut Dr M. KH Hasib Wahab Hasbullah ketika ditemui awak media menyampaikan, bahwa Hebitren Indonesia ini usia udah 3 tahun berdiri dan diperingati ketiga pada 11 November 2019 dan sudah dilakukan Mukernas untuk menyusun program program kerja dan misi, serta sudah ada anggota untuk struktur DPW 20 anggota.

Baca Juga:  Ramaikan Bulan Suci Ramadhan, SMPN 2 Ngadiluwih Gelar Berbagai Kegiatan

Rencananya seluruh provinsi ada, anggota DPD 200 semuanya anggota sekitar 300 semuanya 6000 pesantren, target nya sebanyak-banyaknya sebab pesantren di Indonesia menurut data kementerian agama 27000 se-Indonesia santri sebanyak empat juta sangat potensial untuk kita kembangkan bidang usaha dan bisnisnya,” katanya.

Lebih lanjut dijelaskan, program kerjanya sudah MoU dengan BI, jadi dana hibahnya mereka yang menyalurkan untuk yang sudah jalan Jawa Tengah, Jawa Barat, Jawa Timur, ada juga Kalimantan Selatan, Sulawesi, untuk progam unggulan Jawa Barat, Lampung, Riau, serta ada yang di bidang pertanian, seperti cabai, melon, ada yang di bidang peternakan seperti kambing, untuk satu pesantren tiap kandangnya 400 kambing.

“Hebitren bertujuan untuk pondok pesantren agar bisa berbisnis disamping pintar mengaji juga diajarkan untuk menguasai bisnis, untuk perkembangan ekonomi agar bisa menjalankan bisnis lebih baik,” jelasnya.

Baca Juga:  Serunya Temu Kangen Para Relawan Lintas Komunitas dari Berbagai Daerah

Menurut beliau, Hebitren Indonesia juga masih siap menampung pondok pesantren yang bergabung dengan Hebitren. Untuk saat ini Jombang hanya Pondok Pesantren Bahrul Ulum Tambakberas saja.

“Selanjutnya Tebuireng sudah siap dan Jawa Timur akan segera dilantik pada tahun 2023, insyaallah bulan Februari akan dikukuhkan serentak di Jawa Timur,” terangnya.

Harapannya, supaya usaha usaha ekonomi bisnis pesantren itu lebih baik dan berkembang serta kita rangkul usaha kecil, apalagi kalau pesantren itu mampu otomatis akan bisa membantu perekonomian agar menjadi lebih baik.

“Hebitren ini mendampingi usaha usaha pesantren, kami menciptakan pesantren yang mandiri,” ucapnya

Hasib Wahab Hasbullah menambahkan, bahwa Hebitren nantinya bisa mengajarkan ekonomi pesantren yang berdaulat mandiri, berdaya saing tinggi, sebagai basis ekosistem dan sentra pemberdayaan ekonomi syariah Indonesia serta memaksimalkan potensi ekonomi digital dan virtual market antar pesantren serta untuk peningkatan kompetensi antar pesantren.

Baca Juga:  Kepala Kantor Kemenag Apresiasi Kegiatan FKUB Kab. Kediri

“Hebitren akan membawa pesantren menuju arus ekonomi baru Indonesia,” pungkasnya. (Budi Tanoto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *