Gus Barra Jelaskan Bahwa Program GKMNU Memiliki Skala Kerja Yang Besar Untuk Kesejahteraan Warga NU

MOJOKERTO, mediabrantas. id – Saat ini Satgas Gerakan Keluarga Maslahah Nahdlatul Ulama (GKMNU) Kabupaten Mojokerto yang terdiri dari para Kader GP Ansor sudah melaksanakan tugasnya dengan melakukan pemasangan spanduk dan stiker di rumah-rumah warga yang menjadi target program GKMNU.

Menurut data yang dihimpun media ini bahwa sebanyak 608 spanduk dan 152.000 stiker dipasang serentak di 304 desa dan kelurahan se-Kabupaten Mojokerto, akan tetapi kinerja dari para Satgas GKMNU di lapangan dianggap kurang maksimal.

Sementara itu Ketua GP Ansor Kabupaten Mojokerto DR. H. Muhammad Albarra LC, M. Hum yang akrab disapa Gus Barra selaku Penasehat GKMNU Kabupaten Mojokerto
menjelaskan bahwa program GKMNU ini memiliki skala kerja yang besar. Yang mana Gerakan ini akan dikerjakan dengan berbagai pihak, baik dari instansi pemerintahan seperti Kementerian agama dan dan kementerian Kementerian lainya yang nantinya Agar bersinergi dengan Kementerian agama.

Baca Juga:  Tiga Warung Remang-Remang Disegel Satpol PP, Purel Pemilik Diamankan

“Seperti Program Ketahanan Keluarga kerja sama Kemenag (Kementerian Agama) saat ini, hanyalah sebagian dari kerja besar GKMNU. Nanti akan ada program lainnya yang dikerjasamakan dengan kementerian Kementerian lain’ dan lembaga – lembaga yang ada di pemerintah, juga dengan pihak swasta,” ucap Penasehat GKMNU Kabupaten Mojokerto Gus Barra didampingi Sekretaris GP Ansor Kabupaten Mojokerto Ibnu Qohar selaku Ketua GKMNU selaku Koordinator dan Kepala Kemenag Kabupaten Mojokerto H. Muttakin, M. Ag, pada acara Rapat Evaluasi GKMNU – Kemenag Kabupaten Mojokerto di Gedung Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto, Jum’at Sore ( 19 / 01/ 2024 ).

Dalam kesempatan itu Gus Barra yang juga menjabat sebagai Wabup Mojokerto itu menjelaskan bahwa program yang dikelola oleh GKMNU memiliki sejumlah dimensi, seperti pendidikan, kesehatan, wirausaha, dan seterusnya.

Gus Barra didampingi Sekretaris GP Ansor Kabupaten Mojokerto Ibnu Qohar  selaku Koordinator usai Rapat Evaluasi GKMNU
Gus Barra didampingi Sekretaris GP Ansor Kabupaten Mojokerto Ibnu Qohar selaku Koordinator usai Rapat Evaluasi GKMNU

Sehingga, partner program dari GKMNU itu akan sangat beragam, mulai dari Kemenag, Kementerian UMKM, Kemenkes, dan kementerian PUPR dan lain yang relevan terhadap GKMNU.

Baca Juga:  Biar Tidak Disebut Berita HOAK dan Bohong Terhadap Kasus Perusakan Excavator, LBH Djawa Dwipa Gelar Konferensi Pers

Sedangkan Tujuan dari program GKMNU ini kata Gus Barra untuk menghadirkan manfaat keberadaan NU di kalangan warga NU. “Semua (program) itu, kita salurkan dalam koridor GKMNU, untuk menciptakan dampak nyata dalam hidup nyata Nahdliyyin,” lanjut Gus Barra.

Namun demikian, lanjut Gus Barra, keseluruhan program ini memiliki prasyarat, yakni terbentuknya struktur kerja yang masif dari pengurus NU di level pusat hingga struktur NU di level paling bawah, yakni Majelis Wakil Cabang (MWC).
” Jadi GKMNU itu merupakan program nasional pengabdian Nahdlatul Ulama kepada masyarakat lapis bawah, yang dikomando PBNU dengan pembentukan Satgas dari pusat hingga ke tingkat ranting atau desa, dan saya berharap para Satgas atau Anggota Ansor bisa lebih giat lagi untuk mensukseskan program GKMNU ini ” pinta Gus Barra.

Baca Juga:  Diiringi Sholawat Badar, MUBAROK Daftar ke KPU, Jelaskan Lima Visi dan Misi untuk Kemajuan Kabupaten Mojokerto Lebih Baik

Gus Barra juga menjelaskan bahwa Sejumlah program dicanangkan dalam GKMNU, meliputi bimbingan keluarga, bimbingan perkawinan calon pengantin, berkah keuangan, pencegahan stunting perspektif agama melalui Posyandu, pendidikan sebaya siswa SMA cegah stunting, perhutanan sosial dan bimbingan anak serta remaja.

Sehingga kata Gus Barra bahwa program-program tersebut menunjukkan kehadiran NU di tengah-tengah masyarakat akar rumput, untuk bisa dirasakan langsung manfaatnya.”
Program-program GKMNU bekerja sama dengan pemerintah dan bermitra kerja dengan Kementerian Agama RI dalam pelaksanaannya” ucap Gus Barra saat lmengakhiri acara Evaluasi GKMNU – Kantor Kemenag Kabupaten Mojokerto yang diikuti para Satgas GKMNU dan Para Kepala KUA se Kabupaten Mojokerto. ( Kartono
).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *