Komisi IV DPRD Banyuwangi Merekomendasikan LKPJ Akhir Bupati Tahun Anggaran 2020

BANYUWANGI | optimistv.co.id – Komisi IV DPRD Banyuwangi menggelar rapat internal untuk merumuskan rekomendasi Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Akhir Bupati Tahun anggaran 2020.

Rekomendasi ini nantinya menjadi bekal bagi Bupati dan Wakil Bupati baru agar bisa menjalankan roda pemerintahan yang lebih baik pada Tahun 2021.

Dalam rapat internal komisi IV memutuskan rekomendasi LKPJ Bupati. Karena sebelumnya kita sudah melakukan koordinasi dengan SKPD – SKPD terkait yang menjadi mitra Komisi IV. Sehingga untuk memutuskan rekomendasi LKPJ Bupati kita tidak perlu lagi melakukan rapat kerja dengan SKPD,” kata Wakil Ketua Komisi IV, Basuki Rachmad, (9/3)

Lanjut Basuki, ada beberapa rekomendasi yang menjadi keputusan Komisi IV. Diantaranya ialah berkenaan dengan perbaikan infrastruktur dan sektor pendidikan. “Pertama yakni terkait infrastruktur pembangunan fisik. Rekomendasi kita, kepada Dinas-Dinas yang memiliki pekerjaan fisik agar dalam setiap pembangunan fisik harus menggunakan bahan yang memiliki spesifikasi umur panjang,” katanya.

Baca Juga:  FKKM Laporkan Dua Akun Medsos “Penyebar Black Campaign’

Diakui atau tidak masih ditemukan sejumlah pekerjaan fisik yang spesifikasi bahannya tidak tepat, sehingga kualitas bangunan tidak sesuai dengan harapan. “Jangan sampai hasil pekerjaan baru selesai, rusak kembali. Kita tidak ingin seperti itu,” ungkapnya.

“Misal pengaspalan jalan untuk jalan yang mungkin lapisan pondasinya kurang kuat, maka yang harus dipakai adalah ATB (Asphalt Traeted Base) bukan ACWC (Asphalt Congreed Wearing Course). Kadangkala ini dipaksakan ingin jalannya halus akhirnya yang pakai ACWC. Padahal spesifikasi yang tepat adalah ATB. Kalau ACWC kena hujan bisa tergerus sehingga mudah rusak,” tambahnya.

Disamping infrastruktur, Komisi IV juga merekomendasikan kepada pemerintah daerah agar memperhatikan kualitas pendidikan di masa pandemi Covid-19. “Walaupun oleh pemerintah pusat, KKM diturunkan di masa pandemi. Tapi kualitas pendidikan tidak boleh menurun,” tegasnya.

Reporter : Amarta IL – Mrt

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *