Anggota Fraksi NasDem Berikan Sertifikat Pada Peserta Pelatihan Kewirausahaan

BANYUWANGI | optimistv.co.id – Pelatihan kewirausahaan dilaksanakan selama satu bulan dengan 20 kali pertemuan di Rumah Rakyat, tepatnya di rumah seorang Anggota DPRD Kabupaten Banyuwangi dari Fraksi NasDem, Ali Mustofa.

Pelatihan yang diikuti 64 peserta ini masing-masing dibagi 4 kelas jurusan, yakni salon kecantikan, produksi kue, konveksi, dan kelas produksi hasil pertanian.

Selama satu bulan pelatihan, peserta dibekali ketrampilan sesuai jurusan dan bisa praktek langsung jadi calon pengusaha baru. Untuk itu, setelah lulus selama pelatihan para peserta diberikan sertifikat.

Dengan disaksikan Pengurus Pusat Laskar Sholawat Nusantara Banyuwangi, beserta kepala desa, Ali Mustofa memberikan sertifikat kelulusan pelatihan kepada para peserta. Senin, 29 Maret 2021.

Menurut Ali Mustofa, setelah lulus dari Rumah Rakyat ini, ilmu dan keterampilan dari pelatihan langsung bisa dipraktekkan. Apalagi Hari raya Idul Fitri sebentar lagi tiba.

Baca Juga:  Pak Lutfi Berharap Tahun Ini Semua Warga Kediri Sudah Divaksin Covid-19

“Para calon pengusaha baru ini siap mewujudkan kebangkitan ekonomi daerah pasca pandemi Covid-19. Setelah mendapatkan sertifikasi keahlian, maka para calon pengusaha ini bisa semakin optimis untuk bersaing kedepannya,” tuturnya.

Lebih lanjut Ali Mustofa mengatakan, untuk peserta yang sudah lulusan pelatihan pengolahan kue, pada bulan Ramadhan besuk langsung bisa terjun pasar dengan menerapkan inovasi selama pelatihan. Mereka diharapkan mampu mencetak produk-produk baru berupa jajanan lebaran atau produk makanan untuk menu berbuka puasa.

“Sebentar lagi bulan puasa. Ilmu yang didapatkan bisa langsung dipraktikkan. Ibu-ibu ini bisa langsung membuat kue dan olahan makanan lainnya untuk mewarnai pasar takjil selama Ramadhan nanti,” ujar Ali.

Masih menurut kader Partai NasDem ini, untuk kelas konveksi dan kecantikan pun sama. Pastinya mendekati lebaran banyak pesanan baju dan banyak juga kaum perempuan yang rame-rame ke salon. Peluang-peluang tersebut diharapkan bisa langsung dimanfaatkan.

Baca Juga:  Gandeng PCNU Banyuwangi, Kapolri Kejar Target 70 Persen Vaksinasi Presiden Jokowi

Sebagaimana diketahui, pelatihan keterampilan ini digelar atas dukungan dari Gus Fawaid, Ketua Komisi C DPRD Provinsi Jawa Timur, sekaligus Presiden Laskar Sholawat Nusantara.

Sementara itu, Ketua Laskar Sholawat Banyuwangi, Anton Sujarwo mengatakan, antusias masyarakat untuk mengikuti pelatihan ini sangatlah tinggi. Bahkan dari total kuota 64 peserta, masih banyak yang belum tercover.

Seluruh peserta dinyatakan telah memenuhi ketentuan lulus. Masing-masing peserta telah menguasai materi yang diberikan sepenuhnya. Bahkan dari masing-masing kelas pelatihan, ada sejumlah peserta yang sangat menonjol.

“Luar biasa antusiasnya. Masih banyak yang ingin mengikuti. Artinya pelatihan ini memang dibutuhkan masyarakat.  Ya setelah lebaran Insya Allah nanti akan mulai dilakukan di wilayah kecamatan lainnya,” kata Anton.

Sementara itu, Kepala Balai Pelatihan Kerja (BLK) Situbondo, Pujianto, memberikan apresiasinya kepada Laskar Sholawat dan Anggota Fraksi Partai NasDem DPRD Kabupaten Banyuwangi, Ali Mustofa yang telah memberikan pelatihan kepada masyarakat.

Baca Juga:  Buka Bimtek PBI  Emil Sebut Blitar Terkenal Kegigihannya

“Selama pelatihan berlangsung, pihaknya telah menerjunkan instruktur yang profesional di bidangnya. Sehingga mencetak calon-calon pengusaha baru yang bisa terjun langsung dan bersaing kedepannya,” ungkapnya.

Pujianto mengaku sangat berterima kasih kepada Ali Mustofa beserta Laskar Sholawat, karena dengan kemandirian pelatihan wirausahaan bisa membangkitkan ekonomi, khususnya Banyuwangi dan pada umumnya Indonesia.

Reporter: Amarta

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *