Pemdes Kuncen Bangun Drainase dan Sigap Tanggulangi Warga Terdampak Covid-19

MADIUN | optimistv.co.id – Guna mengantisipasi tidak terjadi banjir di pemukiman warga, Pemerintah Desa Kuncen, Kecamatan Mejayan, Kabupaten Madiun, Jawa Timur membangun saluran drainase sepanjang 180 meter memanfaatkan dana desa (DD) tahun anggaran 2021 sebesar Rp 197.700.000,-

Pembangunan saluran itu melibatkan warga setempat mulai dari perencanaan hingga pelaksanaan, sehingga pemanfaatan dana desa langsung menyentuh masyarakat.

“Saluran drainase itu, prioritas dibangun tahun ini, karena sebelumnya tahun 2020 ditunda untuk darurat covid-19, pembangunan drainase tersebut untuk mengantisipasi banjir di pemukiman warga,” ujar Kepala Desa Kuncen Dasimun, melalui TPK Sumarno, Jum’at, 30 Juli 2021.

Lebih lanjut, Sumarno menambahkan dalam pelaksanaan pembangunan drainase itu, menitik beratkan pada segi pemberdayaan masyarakat mulai kerja hingga bahan bangunan.

“Pembangunan drainase RT 3, RW 2 Desa Kuncen dengan panjang 180 meter, lebar total tutup cor 120 cm, dengan ukuran 1 meter kali 50 cm dengan tebal 12 cm, kedalaman 90 cm dengan anggaran Rp 197.700.000,” ujar Sumarno.

Baca Juga:  Keberadaan Bumdes Akan Menjadikan Sejahtera Rakyat
Tim pelaksana kegiatan Desa Kuncen, Sumarno

Ia menambahkan untuk bekerja hampir 21 orang tiap hari, kadang bertambah dan semua tenaga kerja warga setempat dengan sistem padat karya.

“Harapanya biar ngak banjir lagi, karena jalan diperlebar dengan ditutupnya drainase kiri kanan sehingga 2 mobil berpapasan sekarang bisa,” ungkapnya.

Sumarno menambahkan selain untuk bangun drainase juga untuk bencana darurat covid-19, yang dianggarkan dana desa 8 persen.

“Pademi covid-19, sampai sekarang belum hilang, jadi dana desa untuk covid -19 darurat seperti BLT-DD, penyemprotan, masker,APD,han sanitizer,tempat cuci tangan dan lain-lain di anggarkan dari dana desa,” ucapnya.

Sementara Kepala Desa Kuncen, Dasimun menambahkan pembangunan drainase digunakan untuk mengalirkan resapan air dalam lingkungan warga menuju sungai terdekat.

” Lingkungan lebih rapi dan tidak becek atau banjir lagi,” jelas Kepala Desa Kuncen,Dasimun Jum’at 30 Juli 2021.

Baca Juga:  Pj.Bupati Madiun Beri Apresiasi Rakorda Dekranasda Kabupaten Madiun Masa Bakti 2023-2024

Dasimun menambahkan dulu jalanya sempit sekali karena kiri kanan drainase terbuka, sekarang drainase dibangun dan ditutup cor.

“Pemerintah Desa Kuncen juga membuka jalan menuju sawah jurusan Desa Sidodadi, Desa Kuncen dan Desa Kali gunting, sudah dikerjakan dengan kerja bakti,” tambahnya.

Selanjutnya disebutkan Dasimun, dulu kalau panen susah mengangkut hasil panennya,akhirnya dikorbankan sawah saya dengan lebar 4 meter kali 50 meter untuk jalan.

“Alhamdulillah sekarang harga tanah disitu tinggi, untuk mobil bisa masuk dari Roro Watu Sidodadi tembus Kuncen juga bisa ke Desa Kaligunting,” terang Kepala Desa Kuncen.

Reporter : Sugeng Rudianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *