Bijak Tanggapi Kebijakan Pemerintah untuk Merdeka dari Covid-19

Oleh: Irmayanti

optimistv.co.id – COVID-19, Seakan telah merenggut kesejahteraan manusia. Setiap hari banyak sekali bermunculan berita tentang virus yang satu ini. Kesedihan kita semakin terasa setelah virus ini merenggut banyak korban jiwa di negeri ini. Kita sebagai bangsa yang satu tentunya memiliki ketakutan dan kekhawatiran yang sama. Namun faktanya sangat mengherankan, banyak masyarakat yang kerap kali SAMBAT namun mereka sendiri tidak menerapkan protokol kesehatan secara KETAT.

Sebagai masyarakat yang bijak, kita seharusnya mampu menempatkan diri untuk terus berfikir positif dan tidak bertindak anarkis yang bisa menimbulkan tindakan provokatif terhadap kebijakan pemerintah ditengah keadaan yang tidak kondusif ini. Kita harus dapat mengendalikan ego kita untuk terus berhusnudzon pada kebijakan pemerintah. Sebab pemerintah pun juga telah menunjukkan upaya dan perhatianya agar masyarakat Indonesia segera merdeka dari virus Covid-19.

Baca Juga:  Upaya Pencegahan Virus Covid-19 Bagi Ibu Hamil

PSBB, PPKM Mikro, PPKM Darurat! Tak bisa dipungkiri kita sebagai masyarakat memang telah jenuh dengan kebijakan tersebut. Kodrat kita sebagai makhluk sosial kini tak bisa sepenuhnya dijalankan seperti dulu lagi, sebab manusia kini harus membatasi kegiatan sosial. Namun kita sebagai masyarakat hendaknya juga jangan terus berfikir negatif mengenai kebijakan tersebut, kita juga harus menyadari kebijakan ini pasti juga diperuntukkan untuk kebaikan kita bersama. Akan tetapi pemerintah pun selayaknya juga harus dapat mendengar jeritan masyarakat tentang pro dan kontra adanya kebijakan ini.

Sinergi antara pemerintah dan masyarakat harus senantiasa dilakukan, Sebab kebijakan PPKM ini juga tidak akan berarti tanpa peran serta masyarakat dalam mendukung program tersebut, kita sama-sama merasakan ekonomi sulit, namun kita harus bangkit, pemerintah diharapkan tetap tanggap dengan memberi solusi terbaik atas dampak yang ditimbulkan dari kebijakan PPKM tersebut. Dan masyarakat harus sentiasa berikhtiar dengan tetap mematuhi protokol kesehatan, melakukan vaksinasi bukan karena keterpaksaan, namun sebagai wujud tindakan preventif untuk mencegah dan mengurangi resiko paparan Covid-19.

Baca Juga:  Nurhadi Gandeng Dewan Mahasiswa IAIN Kediri Sosialisasikan 4 Pilar Kebangsaan

Selama nafas belum putus mestinya harapan masih jauh dari kata pupus. Semoga segenap usaha kita dalam mematuhi kebijakan pemerintah dengan menjalankan protokol kesehatan, Melakukan Vaksinasi dan menjalankan himbauan PPKM dapat membawa energi postif sehingga Indonesia dapat segera Merdeka dari virus Covid-19. Aamiin.

* Penulis adalah Mahasiswi Prodi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Tarbiyah IAIN Kediri

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *