Dinas Peternakan Sidak Pasar-Pasar di Wilayah Tulungagung Jelang Idul Fitri 1443 H

TULUNGAGUNG (OPTIMIS) – Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Tulungagung menggelar kegiatan penyidakan dan monitoring yang ditujukan kepada para pedagang daging di sejumlah pasar tradisional maupun modern di wilayah Kabupaten Tulungagung.

Penyidakan yang digelar pada Rabu, (13/04/2022) bertempat di Pasar Karangrejo dilaksanakan mengingat Hari Raya Idul Fitri 1443 H yang sudah dekat dan seperti biasa masalah yang akan terjadi pasti tidak jauh dari ketersediaan dan harga pangan.

Oleh karena itu pada momen bulan Ramadhan ini Kepala Disnak Kabupaten Tulungagung, Mulyanto, S.Pt., MM yang ditemani oleh Kabid Kesmavet, Dini Puspitasari beserta anggotanya melakukan monitoring di sejumlah pasar baik tradisional maupun modern guna memastikan ketersediaan pangan khususnya hewani yang Aman, Sehat, Utuh dan Halah (ASUH).

Dinas Peternakan Tulungagung Penyidakan dilakukan di Pasar Karangrejo, Kabupaten Tulungagung

“Kegiatan monitoring ini untuk memastikan produk hewani di pasaran itu aman, juga untuk mengantisipasi kemungkinan adanya pedagang musiman yang melakukan kecurangan dengan memanfaatkan momen tertentu hanya untuk mencari keuntungan tanpa memperdulikan dampaknya terhadap konsumen,” ujar Mulyanto.

Baca Juga:  Polres Bagikan Bantuan Uang Tunai untuk Ribuan PKL & Warung

Kegiatan monitoring ini tidak pertamakalinya dilaksanakan, pada hari Selasa (12/04/2022) juga sempat digelar kegiatan serupa yang bertempat di Pasar Ngunut dan untuk monitoring rutinnya digelar di Pasar Ngemplak mulai pukul 04.00 WIB.

Kabid Kesmavet Disnak Tulungagung, Dini Puspitasari juga menjelaskan bahwa, ketersediaan pangan hewani yang aman sehat utuh dan halal merupakan manifestasi yang sangat penting dari salah satu sasaran pembangunan ekonomi sub sektor peternakan pangan asal hewan yang memiliki kadar protein tinggi seperti daging susu dan telur memiliki potensi berbahaya yang dapat mengakibatkan penurunan kualitas produk sebagai akibat pencemaran fisik kimia maupun biologis.

Perlu diketaui juga bahwa hasil dari kegiatan monitoring tersebut dapat dijabarkan berupa pengawasan hygiene sanitasi dan surveillans unit usaha produksi hewan yang kemudian akan dilakukan pengawasan produk asal hewan di pasar tradisional dan modern di wilayah Tulungagung untuk menjamin produk hewan aman, sehat, utuh dan halal.

Baca Juga:  Ini Catatan Ketua DPRD untuk Rapat Banggar dan TAPD

Untuk hasil yang terakhir yakni, melakukan pembinaan dan monitoring terhadap pelaku usaha produk pangan dan non pangan serta olahan asal hewan yang ada di Kabupaten Tulungagung.

Reporter : Budi Santoso

 

 

Dinas Peternakan Kabupaten Tulungagung Gelar Penyidakan di Sejumlah Pasar

Penilaian Anda :
5/5

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *