Pengendalian PMK Hampir Sama Penanganan Covid-19

MADIUN (OPTIMIS)- Bertempat di wisata papringan kalikerto Desa singgahan, Kecamatan Kebonsari, Kabipaten Madiun, Selasa (14/6/2022), Bupati Madiun H. Ahmad Dawami laksanakan rakor bersama kades se-kecamatan kebonsari dalam rangka penyamakan persepsi dalam penganganan PMK pada ternak sapi maupun kambing.

“Persepsi kita harus kita samakan dulu dalam menangani PMK, dalam penanganan kita harus sesuaikan ukuran, ukuran peternak rumah tangga berbeda dengan pengangan ukuran pada peternak besar”, tutur Bupati saat mengawali sambutan.

Penanganan PMK sama dengan penganan covid, harus kita siapkan tenaga kesehatan yang cukup dan tidak lupa berkoordinasi dengan muspika kecamatan

“Hampir sama dengan covid, hanya subjeknya berbeda. Ada tiga prinsip penanganan bagaimana kita mencegah, yakni yang pertama kendalikan langkah lalu lintas hewan dan manusia, bentuk tim surveilans dan yang ketiga penguatan kekebalan pada ternak”, tutur Bupati

Baca Juga:  Pacu Daya Saing, Pemkot Kediri Berikan Sertifikat Halal kepada Pemilik IKM

Bupati berpesan, sosialisasi dan eksekusi tetap harus dilakukan meskipun vaksinasi belum ada. Perlu adanya multivitamin bagi ternak dan tidak perlu mengundang tenaga kesehatan dari luar Kabupaten Madiun. Kita sudah menyamakan persepsi pada tenaga medis kita. Hal ini kita lakukan agar tingkat resikonya lebih rendah.

Reporter : Sugeng Rudianto

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *