Ketua DPRD Kab. Blitar Hadiri Larung Sesaji di Pantai Pasur

BLITAR, mediabrantas.id – Masyarakat Desa Bululawang, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, sejak pagi berbondong-bondong hadir menyaksikan kegiatan rutin tahunan Larung Sesaji di Pantai Pasur, Jum’at 21 Juli 2023.

Bukan hanya masyarakat desa tersebut yang ikut meramaikan ritual ini, nampak hadir para tamu undangan, di antaranya Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto, hadir pula DPRD Provinsi Jawa Timur, dan DPR RI, kepala instansi terkait, jajaran Muspika Bakung. Para tamu undangan dan semua masyarakat yang hadir disuguhkan Gending Jawa dan musik electone.

Kegiatan Larung Sesaji di Pantai Pasur (foto: Dasar)

Kepala Desa Bululawang, Sutikno mengatakan, tujuan penyelenggaraan acara Larung Sesaji ini adalah untuk menyambut tahun baru Islam, juga untuk meningkatkan kerukunan warga, mengangkat nilai destinasi wisata Pantai Pasur.

“Selain itu, kegiatan Larung Sesaji ini utamanya adalah sebagai wujud syukur masyarakat Desa Bululawang, karena sudah dianugerahkan hasil bumi dan laut yang melimpah,” kata Kades Sutikno.

Baca Juga:  Festival Qur'ani di GOR Jombang Diikuti Santriwan Santriwati se Jatim

Lebih lanjut Kades Sutikno menambahkan, kegiatan ritual tahunan yang menjadi tradisi dari nenek moyang ini diharapkan jangan sampai punah, dan tetap dilestarikan sampai kapanpun.

“Kami mengharapkan para generasi muda tetap dan bisa nguri-nguri tradisi leluhur Budaya Jawi, agar terwujud alam yang indah, dengan hasil bumii yang gemah ripah loh jinawi,” ujarnya.

Kegiatan Larung Sesaji di Pantai Pasur (foto: Dasar)

Ungkapan senada juga disampaikan oleh Ketua DPRD Kabupaten Blitar, Suwito Saren Satoto yang hadir langsung di tengah-tengah masyarakat. Menurut politisi yang akrab disapa Pak Wito ini, tradisi Larung Sesaji juga bisa menjadi peningkatan perekonomian warga masyarakat desa setempat dan sekitarnya.

“Ketika dilaksanakan kegiatan Larung Sesaji seperti ini, tentunya selalu mengundang perhatian masyarakat luas, sehingga mempunyai dampak besar terhadap pengembangan pariwisata, serta peningkatan perekonomian warga desa setempat dan sekitarnya,” katanya.

Baca Juga:  Tepis Kabar Miring Kades Balerejo  Gelar Konfrensi Pers

Pak Wito juga menjelaskan, keindahan Pantai Pasur yang sangat menakjubkan ini juga perlu dipromosikan sebagai salah satu destinasi wisata kepada masyarakat luas, sehingga dapat menjadi pilihan ketika berlibur ke pantai bersama keluarga.

“Sebagai Ketua DPRD Kabupaten Blitar, saya sangat mendukung pengenalan Pantai Pasur kepada masyarakat luas, supaya nantinya bisa menjadi salah satu destinasi wisata pilihan untuk berlibur bersama keluarga di pantai yang sangat indah dan menakjubkan ini,” ungkap Pak Wito. (Dasarudin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *