Manfaatkan BKK Membangun Rabat Beton Untuk Dongkrak Perekonomian Masyarakat Desa Bajulan

MADIUN, mediabrantas.id – Upaya percepatan pembangunan infrastruktur jalan terus dilakukan Pemerintah Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, yakni dengan merealisasikan anggaran Bantuan Keuangan Khusus (BKK) 2024 untuk membangun rabat beton. Lokasinya berada di Dusun Cangkring, Desa Bajulan, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun.

Kepala Desa Bajulan, Hari Purnomo, SE melalui Kaur Perencanaan, Ma’sum Asngari Desa Bajulan Anggari mengatakan, pelaksanaan pekerjaan awal puasa dan pelaksanaan dua Minggu, sebelumnya jalan dinormalisasi dengan peraman besi.

“Tenaga kerja melibatkan masyarakat Dusun Cangkring 100 % dengan memanfaatkan tenaga lingkungan khusus,” kata Ma,sum Asngari, Rabu 24 April 2024.

Lebih lanjut, Ma,sum Asngari menambahkan untuk material langsung beli dari Ciamix karena mutu dan kwalitasnya jelas, terutama masyarakat puas dari Ciamix, kalau dari manual banyak meragukan nanti ukurannya berapa kali berapa dan kekurangannya gimana.

Baca Juga:  Pembangunan Jalan Paving Arah Punden Desa Banyukambang Selesai

“Tujuan rabat beton dari Ciamix biar awet, usulan ini prioritas mulai musdus, musdes tahun 2023, untuk jalan rabat beton ini dari Dusun Cangkring ke Dusun Tempuran ke kiri ke Desa Ngepeh,” ujarnya.

Harapnya dengan adanya pembangunan rabat beton bisa mendongkrak ekonomi masyarakat Desa Bajulan, untuk meningkatkan hasil panen dari sawah, untuk memperlancar lintas daerah bisa tembus Caruban.

“BKK tahun 2024 dari aspirasi PDI P, untuk pembangunan rabat beton tidak main-main karena kalau panen dilewati truk dengan muatan 9 ton, biar kita tidak bolak balik memperbaiki, kita mencari aman dan awet,” jelasnya.

Pelaksanaan rabat jalan di Dusun Cangkring

Pembangunan rabat beton tersebut merupakan jalan penghubung antar Dusun Cangkring.Dusun Tempuran serta arah Caruban.

”Sebelumnya kondisi jalan berlubang sangat rusak, sehingga sulit untuk dilalui. Setelah terselesainya pembangunan akses jalan penghubung ini diharapkan bisa lebih menyejahterakan warga sekitar,’’ ujarnya.

Baca Juga:  Vakum dua Tahun Warga Kota Probolinggo Antusias Sambut Pawai Budaya 2022

Ma’ sum Asngari menjelaskan, pembangunan rabat beton sudah mulai dikerjakan sejak awal puasa lalu. Sedangkan waktu pengerjaan dua Minggu.

Untuk volume 0,2 M X 3,5 M X 80 M Sedangkan anggaran yang digelontorkan mencapai Rp 100 juta dari BKK 2024 lokasi RT 12 RW 06 Dusun Cangkring.

“Hasilnya sudah bisa dinikmati, sudah sangat nyaman tidak ada lagi jalanan rusak yang membahayakan pengendara sepeda motor,” katanya. (Sugeng Rudianto)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *