DKP Provinsi Jawa Timur Menggelar Giat Padat Karya di UPT PPP Pondokdadap

SURABAYA | optimistv.co.id – Dalam rangka memberikan sosialisasi mengenai pentingnya menjaga kebersihan lingkungan pelabuhan perikanan kepada masyarakat pesisir, Bidang Perikanan tangkap Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Jawa Timur melaksanakan giat padat karya di lingkungan Unit Pelaksana Teknis Pelabuhan Perikanan pantai (UPT PPP) Pondokdadap, beberapa saat yang lalu.

Giat ini  merupakan salah satu  dari rangkaian kegiatan padat karya yang dilaksanakan oleh Bidang Perikanan Tangkap di seluruh Pelabuhan Perikanan Pantai yang ada di Provinsi Jawa Timur. Kegiatan ini melibatkan sebanyak enampuluh sembilan orang masyarakat, terdiri dari nelayan, pengguna jasa, dan masyarakat sekitar yang sehari-hari beraktivitas di lingkungan Pelabuhan Perikanan Pantai Pondokdadap.

Persiapan Giat Program Padat Karya DKP Jatim UPT PPP Pondokdadap

Semua peserta berkumpul di depan gedung Sarana Produksi Perikanan (Saprokan) UPT PPP Pondokdadap dimana masyarakat diberikan bantuan berupa alat–alat kebersihan dan merchandise oleh panitia, dan dilanjutkan dengan pemberian arahan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha UPT PPP Pondokdadap.

Baca Juga:  Bupati Kediri Lantik 5 Kades Susulan

Dalam kegiatan ini, tim kebersihan dibagi menjadi dua, yakni tim yang melaksanakan kebersihan di kawasan darat, dana tim yang melaksanakan kebersihan di kawaasan laut (kolam labuh). Tim kebersihan darat bertugas untuk membersihkan ruas – ruas jalan dan lingkungan disekitar perkantoran UPT PPP Pondokdadap baik dari sampah, maupun dari tumpukan debu dan pasir yang dapat mengganggu aliran air disepanjang jalan kawasan UPT PPP Pondokdadap.

Selain itu, tim juga dikerahkan untuk memeriksa drainase dan membersihkannya apabila ditemukan material yang dapat menghambat aliran air di dalam drainase.

Sementara tim kebersihan laut bertugas untuk menjaring sampah yang berada di permukaan air disekitar kawasan kolam labuh, agar sampah tersebut dapat dibawa ke darat dan tidak mencemari perairan.

Bukti Nyata Program Padat Karya Dilapangan Oleh DKP Jatim UPT PPP Pondokdadap

Menurut sumber resmi DKP Provinsi Jatim mengatakan, bahwa padat karya ini merupakan salah satu wujud dukungan DKP Provinsi Jawa Timur akan pentingnya menciptakan lingkungan pelabuhan perikanan yang bersih dan nyaman, jauh dari kesan yang selama ini dibayangkan oleh masyarakat umum dimana pelabuhan perikanan adalah tempat yang kotor, kumuh, dan bau,” ucapnya.

Baca Juga:  Wali Kota Kediri Salurkan Bantuan Sosial Santunan Kematian dan Kartu KIS

Lanjutnya menjelaskan, Kegiatan ini juga untuk mendukung upaya UPT PPP Pondokdadap di dalam mewujudkan tata kelola Ecofishingport yang mendukung upaya kebersihan dan kelestarian lingkungan yang seimbang dengan upaya pembangunan dan pemanfaatan lingkungan pelabuhan perikanan,” pungkasnya.

Reporter : Hadi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *